sbr gambar: risauku.blogspot.com |
- Menentukan segmen produk dan juga merek
Segmen maupun merek produk adalah 2 hal yang berkaitan erat dengan sasaran pasar. Selain itu juga bisa mewakili karakteristik dari barang yang telah di produksi. Misalnya seperti merek aksesori khusus untuk remaja, maka juga harus bisa mewakili cita rasa dan jiwa remaja.
- Menentukan lokasi strategis untuk berjualan
Lokasi untuk berjualan merupakan faktor penting untuk keberlangsungan suatu bisnis. Karena dengan lokasi yang strategis maka pembeli bisa mudah untuk menuju lokasi dan pemasaran produk tetap bisa berjalan dengan baik.
- Mendekati calon pembeli dengan memperkenalkan segmentasi dan merek produk.Langkah seperti ini dapat dilakukan dengan cara mengikuti event seperti bazar, menyebar brosur, atau bisa juga dengan membuat iklan serta memuatnya di berbagai media.
- Buatlah suatu penawaran yang sangat menarik
Untuk sebulan pertama semenjak produk dirilis, sebaiknya anda membuat suatu penawaran yang spesial yang tujuannya untuk menarik para pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan. Anda bisa juga mengubah penawaran tersebut sewaktu-waktu sampai posisi dan merek produk tersebut benar-benar dikenal oleh para pembeli.
- Memperluas jaringan dengan upaya membuka hubungan baru.
- Selalu mengembangkan usaha
Contohnya apabila di awal kita merintis suatu usaha segmentasi target pasar anda yaitu kalangan remaja, dengan demikian sekarang ini anda juga bisa mengembangkannya dengan merambah ke usia dewasa. Karena jenis dan produk yang tidak berbeda jauh maka hal ini wajar apabila dilakukan.
- Kerja keras, kuatkan hati dan pantang menyerah
Dalam menjalankan usaha sendiri pastinya memang cukup melelahkan dan juga menyita waktu. Apabila orang lain mendapatkan penghasilan rutin setiap bulannya, sementara anda malah harus memikirkan pengeluaran-pengeluaran tiap bulan. Dari sinilah sikap seperti itu harus dimiliki para pelaku bisnis untuk tetap bisa bertahan dari kerasnya persaingan di luar sana.
- Usahakan jangan memilih nama merek yang mirip atau sama dengan merek yang telah ada di pasaran. Supaya anda memiliki merek yang dikenal luas di masyarakat.
Pada dasarnya seorang pelaku bisnis jika ingin tetap bisa bersaing di pasaran, maka setidaknya harus mengikuti tips-tips seperti di atas. Dengan begitu mereka akan tetap sukses dan mampu menguasai pasaran yang ada.